Senin, 30 November 2015

Kartu Pelajar Barcode QrCode

Kartu Pelajar dengan Qrcode
Cara membuat barcode di kartu pelajar. Tidak ada habisnya pembahasan tentang ilmu pengetahuan dan tehnologi. semakin lama akan semakin maju dan berkembang. dan semakin lama penggunaan dari kemajuan tersebut akan semakin mempermudah dalam membantu pekerjaan manusia. Ok, pada update blog kali ini admin akan memberikan cara tercepat dan termudah untuk membuat kartu pelajar dengan fitur barcode. Pastinya anda semua yang sedang membaca postingan ini sudah tahu tentang apa itu barcode. Mungkin yang belum anda begitu mengerti adalah cara membuat barcode tersebut agar bisa di aplikasikan pada kartu pelajar yang telah kita buat. 

Disini saya perlu memberikan penjelasan tentang barcode. Sesuai yang di jelaskan di dalam situsnnya wikipedia. Barcode adalah uatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D (1 dimensi). Tetapi juga memiliki bentuk persegi, titik, heksagon dan bentuk geometri lainnya di dalam gambar yang disebut kode matriks atau simbologi 2D (2 dimensi). Selain tak ada garis, sistem 2D sering juga disebut sebagai kode batang.

Kartu Pelajar dengan Barcode Qrcode

Nah, dari penjelasan diatas, bagaimana sudah paham dan mengerti kan apa itu barcode. Jika sudah paham, maka pembahasan selanjutnya adalah Bagaimana membuat barcode untuk kartu pelajar. Hmmm... sebenarnya mudah sekali untuk men ambhakan fitur barcode pada kartu pelajar. Bisa menggunakan Font barcode atau bisa juga menggunakan aplikasi barcode generator. 


Pada postingan ini, sengaja saya menggunakan contoh aplikasi untuk membuat kartu pelajar yang sudah di lengkapi dengan fitur dan fasilitas barcode. Nama Aplikasi yang saya maksud adalah Simple Student Card Pro. Di dalam software ini anda tidak perlu report dan bingung untuk menyisipkan barcode pada kartu. Karena aplikasi akan otomatis menggenerate barcode sesuai dengan Nomor Induk Siswa masing masing. Dan yang lebih menarik lagi, barcode yang di hasilkan selain barcode batang juga barcode jenis QrCode yang saat ini lagi populer digunakan oleh perangkat mobile seperti android. 

Jika anda ingin mencoba aplikasi tersebut, silakan download Aplikasi Kartu Pelajar Barcode di akhir postingan ini. Tetapi versinya masih versi demo, anda bisa membeli lisensinya jika ingin menggunakan secara full versi. 



Klik tombol like dan bagikan ke teman:
Bagikan artikel lewat :

0 komentar:

Posting Komentar